Jenis Dredging Machine Sebagai Kapal Keruk yang Meski Diperhatikan

pixabay

Kapal keruk, atau yang biasa disebut dengan dredger adalah jenis kapal yang mempunyai perlengkapan khusus, yang digunakan dalam proses pengerukan. Jenis ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Mulai dari kebutuhan di alur pelayaran, pelabuhan, sampai dengan kebutuhan pada industri lepas pantai.

Di mana, kapalnya akan digunakan layaknya alat traveling pada umumnya. Kalau untuk versi daratnya, bisa diibaratkan seperti bulldozer ataupun exvactor. Menariknya, alat ini dapat beroperasi di laut. Ia memiliki lambung kapal yang mirip sekali dengan kapal pada umumnya, yang digunakan dalam pelayaran samudra.

Yang tidak kalah menariknya lagi, ia mempunyai baling-baling khusus yang sudah dilengkapi dengan perlengkapan pengerukan hidraulis. Adapun yang dimaksud dengan perlengkapan ini adalah pembongkaran material yang dimasukkan ke dalam penampungan, agar bisa dikirim ke tempat pembuangan. Kapal keruk ini terdiri dari beberapa jenis. Yakni:

Bucket dredger

Jenis yang pertama ialah bucket dredger. Jenis ini merupakan jenis yang paling tua. Alias jenis kapal keruk yang paling tua dibandingkan dengan yang lain. Pada umumnya, bucket dredger dilengkapi dengan alat-alat khusus, misal timba yang bergerak demi mengangkat sedimen.

Trailing suction hopper dredger

Yang kedua adalah trailing suction hopper dredger. Jenis ini kerap disingkat dengan TSHD. Ia bekerja untuk menyeret pipa penghisap, lalu mengisi material yang dihisap tadi ke satu maupun beberapa penampungan.

Nama penampungannya adalah hopper. Hopper ini sendiri berada di dalam kapal.  Ketika sudah penuh, maka jenis ini akan berlayar ke lokasi pembuangan. Yakni, untuk membuang material tadi dengan cara melewati pintu yang terdapat di bagian bawah kapal. Atau, bisa juga dengan memompa material keluar kapal. Kalau di tanah air, tipe ini merupakan kepunyaan PT. Pengerukan Indonesia, yang terdapat di Irian Jaya dengan Halmahera.

Cutter suction dredger

Adapun jenis yang selanjutnya adalah cutter suction dredger. Jenis ini mempunyai kepala pemotong di bagian pintu masuknya. Dan pada umumnya, bagian kepalanya dapat digunakan untuk beberapa material yang keras. Mulai dari batu, sampai dengan kerikil.

Selain ketiga jenis di atas, tentu masih ada beberapa jenis yang lainnya. Biasanya, perusahaan-perusahaan konstruksi pasti mempunyai berbagai macam jenis. Dan untuk membedakan jenis yang satu tentu agak sulit. Dan memakan waktu yang cukup banyak ketika proses pencariannya. Untuk itu, dibutuhkan sistem manajemen yang baik. Apalagi jika di perusahaan Anda bukan hanya ada alat dreiger ini. Ia kan?

Dengan bantuan sistem manajemen yang baik dan tepat, proses pencarian alat menjadi lebih mudah, dan tidak butuh waktu banyak.  Adapun sistem manajemen yang bisa dipilih adalah HEMS. HEMS merupakan kependekan dari Heavy Equipment Management System. Yang mana, ia adalah sebuah program yang basisnya adalah sebuah web. Yang akan berperan untuk memudahkan Anda dalam mengelola berbagai macam jenis alat berat. Yakni, dengan sangat mudah, cepat, dan simple. 

 Yang paling menarik dari sistem yang berbasis web ini adalah, ia bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa kebutuhan perusahaan yang satu dengan yang lain pasti berbeda. Layanan ini akan diberikan selama setahun. Mulai dari menyusun database awal, kemudian membangun sistem, membuat program, dan lain sebagainya.

Itulah dia sekilas mengenai Jenis Dredging Machine Sebagai Kapal Keruk yang meski diketahui. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi kami